Articleship, CISMEDIA, Coaching Innovation, Innovate We Can!, Innovation Award, National Innovation Resilience, School of Innovation

PENERIMA PENGHARGAAN INOVASI PANGLIMA TNI 2014

0 Comments 15 October 2014

“Inovasi, Profesionalisme TNI dan Keutuhan NKRI”

SELAMAT KEPADA PARA PENERIMA PENGHARGAAN INOVASI PANGLIMA TNI 2014

Penyelenggaraan penghargaan ini melibatkan CIS School of Innovation, organisasi yang bermisi menginspirasi Inovasi Indonesia dan salah satu kegiatan tahunannya adalah Merancang dan Menerapkan Metode Penghargaan Inovasi dengan platform Evaluasi Sistematika Inovasi, dan PLANET INOVASI yang bermisi turut menggerakkan dan memfasilitasi inovasi-inovasi berwawasan kebangsaan di Nusantara ini.

Ajang penghargaan ini diikuti oleh 226 Peserta. Mekanisme penjaringan peserta dilakukan melakui seleksi dokumen oleh Dewan Juri/Tim Penilai. Hasil penjaringan peserta menjadi 38 Peserta TNI dan 38 Peserta Non TNI termasuk di dalamnya adalah 22 kandidat Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota. Tiga tahap penyaringan berhasil menyeleksi 30 calon penerima penghargaan dan disaring-seleksi-final menjadi 10 Peserta Penerima Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 untuk 10 Kategori Inovasi dalam Ajang Penghargaan ini.

Majoritas karya inovasi peserta dilatarbelakangi oleh keinginan untuk meningkatkan kemandirian TNI dalam menghasilkan produk-produk alut dan non alut.

Karya inovasi yang menonjol dan belum banyak adalah munculnya inisiatif penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dari Perguruan Tinggi untuk Aplikasi Militer Moderen atau kemanfaatan TNI dalam menjalankan tupoksinya. Di antara karya-karya itu kebanyakan masih pada tahap PROTOTIPE (KINERJA INOVASI secara teknis) yang membutuhkan bantuan kerja sama untuk mewujudkan dalam waktu satu bulan hingga satu tahun ke depan karya-karya terbaik anak bangsa yang NYATA bermanfaat, sehingga tidak hanya asyik di laboratorium. Karya-karya setengah matang ini perlu didukung secara strategis dan berimplikasi kebijakan serta menghidupkan gerak optimasi peran sistem inovasi nasional.

Karya-karya inovasi yang dalam prospek Aplikasi Militer Moderen muncul pada ajang seleksi penghargaan inovasi Panglima TNI ini. Prototipe dan diseminasi alat terkait sudah ada untuk Aplikasi Non-TNI namun belum untuk Aplikasi TNI. Hal ini berimplikasi pada kerja sama litbang strategis dan menuntut kolaborasi interaksi semua pemangku kepentingan dalam sistem inovasi nasional yang mencakup Universitas, Pemerintah, Bisnis/Industri, dan Swasta.

SIARAN PERS 3 SEPTEMBER 2014

Informasi Program Penghargaan Inovasi: info[at]ciptainovasi.com atau 0811 9127 222

Workshop Program Penghargaan Inovasi:
info[at]ciptainovasi.com atau 0811 9849 105

Jakarta, 13 Oktober 2014
Salam Inovasi,
Avanti Fontana
Dosen Strategi & Manajemen Inovasi, Universitas Indonesia
Ketua Umum Planet Inovasi

Author

- who has written 299 posts on avantifontana.com.

Author "Innovate We Can!" Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai (Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009), Facilitator & Coach for Innovation, Pemerhati dan Periset Bidang Manajemen Inovasi (Universitas Indonesia).

Contact the author

Share your view

Post a comment

AF Twitter

© 2018 avantifontana.com. Powered by Wordpress.