Wina (Austria), 5 Agustus 2019

Ekosistem Talenta Musik dan Seni Pertunjukan: Belajar dari Wina

Memasuki kampus Universitas Musik dan Seni Pertunjukan di Wina Austria kita bisa melihat ruang-ruang pengembangan dan pembinaan talenta musik dan seni pertunjukan yang kondusif.

Trinity Youth Symphony (TRUST) Orchestra Indonesia berkesempatan, bersama dengan peserta orkestra lainnya, mengikuti Workshop dan Masterclass Orkestra sebagai salah satu mata acara World Orchestra Festival 1-4 Agustus 2019.

Sekitar jam 11 tanggal 2 Agustus, di tengah sejuknya Kota Wina hari itu, 60 peserta TRUST dipimpin Nathania Karina (pengaba dan direktur musik) mengikuti Workshop dan Masterclass dengan Prof Werner Hackl di salah satu kampus terbaik dunia untuk Musik dan Seni Pertunjukan (MSP). Peserta/Orkester TRUST berusia 10-27 Tahun dengan pimpinan Dr. Nathania Karina.

Festival terdiri dari Exhibition, Workshop dan Masterclass Orkestra, dan Kompetisi yang bertempat di panggung City Hall, Musikvierin, Universitas Musik dan Seni Pertunjukan, dan MuTh (Vienna Boys’ Choir Concert Hall). Semua berlokasi di Kota Wina. Peserta Festival ada 29 Tim Peserta dari delapan negara. TRUST Orchestra ke WOF 2019 ini membawa 61 delegasi dengan Direktur Musik sekaligus Konduktor Nathania Karina. Delegasi TRUST Orchestra terdiri dari 11 musisi Biola 1, 10 Biola 2, 10 Biola 3, 8 Selo, 3 Kontra Bas, 4 Flut, 4 Klarinet, 1 Bason, 1 Horn, 3 Trompet, 2 Saksofon, 1 Piano, 2 Perkusi, Master Konser Mellody Arben dan Manajer Orkestra Gabriel Wibisono.

TRUST membawakan musik lagu daerah Indonesia sekaligus menunjukkan keberagaman Indonesia, dari ujung Barat sampai Timur: Bungong Jeumpa dan Tari Salman, Songs from the North, Cublak Cublak Suweng dan Manuk Dadali, Janger – Kecak hingga Rasa Sayange. Pentas berlangsung di panggung-panggung kelas dunia dengan ekosistem yang kondusif yang memungkinkan optimalisasi ekspresi bunyi dan ekspresi pertunjukan.

Selama festival, TRUST Orchestra memainkan:
1. Janger (Arr. Samuel – Adaptasi oleh Nathania Karina);
2. Cublak Cublak Suweng – Manuk Dadali (Arr. Nathania Karina & Christofer Tjandra)
3. Rasa Sayange (Arr. Samuel -Orkestrasi oleh Nathania Karina)
4. Songs from the North: Sik Sik Sibatumanikam – Sigulepong – Sing Sing So (Arr. Ivan Tangkulung)
5. Bungong Jeumpa (Arr. Hugo Agoesto)

TRUST Orchestra Indonesia berhasil memperoleh GOLD Award dalam kompetisi World Orchestra Festival 2019 ini, yang secara khusus menampilkan tembang “Songs from the North” dan Janger.

Semoga peristiwa dan momentum apresiasi talenta musik dan seni pertunjukan semakin tumbuh kembang bak jamur di musim hujan, dengan meritokrasi yang memadai, serta memberi apresiasi pada semua kontributor dalam orkestra pada saat yang tepat.

Kepemimpinan menjadi faktor utama untuk memfasilitasi proses apresiasi baik pada saat latihan maupun saat pentas. Ekosistem musik dan seni pertunjukkan (MSP) menjadi satu hal yang krusial sebagai konteks tumbuh kembang talenta MSP. Universitas MSP menjadi kebutuhan untuk pengembangan talenta MSP secara khusus. (AAF)