Articleship

Innovation Space, Ruang Inovasi

0 Comments 02 May 2010

“Being innovative and successful is more than hiring the right people and buying the best technology. You’ve got to create a culturew here space matters.” (Tom Kelley with Jonathan Littman in The Art of Innovation, Doubleday, 2001, p. 146)

Pada saat pembicaraan dan praktik inovasi semakin hangat, banyak perhatian dicurahkan antara lain untuk membuat lingkungan organisasi yang kondusif untuk berinovasi. Pada umumnya pembicaraan dan praktik lingkungan kondusif untuk inovasi yang saya sebut sebagai faktor stimulator inovasi terkait dengan variabel struktural, variabel sumber daya, dan variabel budaya. Sudah saatnya pula bahwa penekanan yang sama pentingnya justru harus juga diberikan kepada peranan ruang-ruang kantor dan/atau ruang-ruang kerja sebagai struktur fisik yang dapat menunjang dan merangsang inovasi.

Sudahkah ruang kerja kita didesain untuk mendukung aktivitas sebagai inovator?

Author

- who has written 300 posts on avantifontana.com.

Author "Innovate We Can!" Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai (Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009), Facilitator & Coach for Innovation, Pemerhati dan Periset Bidang Manajemen Inovasi (Universitas Indonesia).

Contact the author

Share your view

Post a comment

AF Twitter

© 2018 avantifontana.com. Powered by Wordpress.