Avanti Fontana (Brief Ind.)

IWC

AF Foto

Avanti Fontana menekuni kegiatan pengajaran dan penelitian serta pelayanan masyarakat dalam bidang strategi dan manajemen inovasi. Dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ini menulis buku . Buku yang ditulisnya berjudul INNOVATE WE CAN! (terbit perdana pada tahun 2009). Buku itu berisi uraian tentang pengertian, prinsip, instrumen diagnosis inovasi organisasi, dan contoh kasus Manajemen Inovasi dan Kewirausahaan.

Avanti adalah tim pendiri Center for Innovation Studies (sejak 2004) dan Cipta Inovasi Sejahtera atau CIS School of Innovation (sejak 2010). Workshop dengan platform The Practice & Art of Innovation dan Model Innovation Award yang diselenggarakan sejak 2010 untuk organisasi bisnis dan sosial merupakan hasil pengembangan CIS School of Innovation. Avanti juga tim pendiri Planet Inovasi (sejak 2014). Melalui Planet Inovasi, Avanti telah mendesain dan memfasilitasi 15 workshop (hingga tahun 2017) dengan tema inovasi kebangsaan yang diikuti oleh peserta pemuda dan pemudi. Avanti berharap workshop inovasi kebangsaan dan aplikasinya dapat menyebarluas di seluruh Indonesia melalui kemitraan strategis pemangku kepentingan dengan jangkauan peserta pemuda-pemudi seluas mungkin.

Avanti memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1995). Penerima beasiswa Pemerintah Perancis tahun 1997 ini melanjutkan studi master dan doktoralnya di Perancis (Juni 1997 – November 2003). Ia memperoleh gelar master bidang Strategi & Manajemen Universitas Paris X Nanterre (program kerja sama Univ. Paris X dengan ESSEC dan HEC Paris) dan gelar doktor Ilmu Manajemen dari Universitas Aix-Marseille III/Paul Cezanne (program kerja sama IAE Aix-en-Provence dan ESSEC). Pada tahun 2013 Avanti mengikuti Program Pendidikan Reguler Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Angkatan ke-50 utusan pertama dari Ikatan Sarjana Katolik Indonesia. Ia lulus dengan predikat terbaik dan memperoleh penghargaan Wibawa Seroja Nugraha. Avanti pernah bertugas sebagai Tenaga Profesional Lemhannas RI (2014-2016). Februari 2018 ia juga bertugas di Kantor Staf Kepresidenan sebagai Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan.

Salah satu perhatiannya dengan waktu yang dialokasikan secara spesial adalah dunia pendidikan anak melalui pengalaman bermusik. Avanti bersama keluarga berpartisipasi dalam pembelajaran dan pengalaman bermusik melalui pendekatan pendidikan talenta Metode Suzuki melalui Asosiasi Musik Suzuki Indonesia dengan kegiatan di dalam dan luar negeri serta The Resonanz Music Studio (TRMS) Indonesia.

Daftar Publikasi

©AvantiFontana.com
avanti[at]ciptainovasi[dot]com
0811 8022 099
*U18SEP2018*

AF Twitter

© 2018 avantifontana.com. Powered by Wordpress.